Kamis, 29 Desember 2011

Setting Modem Speedy ADSL Sebagai Bridge pada OS Linux


Telkom Speedy lauching pertama kali di Jember, kota di mana saya bekerja, sekitar bulan Juli 2006. Saat itu saya belum pernah merasakan internet dengan speedy, tahu-tahu diminta bos untuk membantu men-setup modem adsl di Kopegtel (Koperasi Pegawai Telkom) di jalan Kartini. Modemnya merek linksys, tipenya mungkin ADSL2MUE, pada link tersebut terdapat manual untuk konfigure modem tersebut untuk mode bridge (winxp).

Modem ADSL Linksys ADSL2MUE
Pertama, saya minta manualnya, kemudian baca2 sebentar dan akhirnya tahu bahwa modem adsl ini berfungsi sebagai router dan bisa dicolokkan langsung ke swicth/hub untuk melayani koneksi internet bagi semua komputer yang terhubung keswicth/hub, asal fungsi dhcp clientnya diaktifkan.
Berhubung cukup lama mainan iptables di mesin linux, saya coba lihat apakah ada fungsi firewall di modem tsb. Setelah login melalui web configuration, saya lihat banyak sekali fitur yang ditampilkan sampai saya bingung sendiri -)
Yang pertama saya baca-baca adalah seting koneksi untuk speedy, tidak ada yang saya mengerti di sini -? , kecuali login speedy dan ini dia fungsi bridge, jadi modemnya bisa berfungsi sebagai bridge mirip modem eksternal yang biasa dipakai untuk dial ke isp. Pokoknya diterima apa adanya dulu deh. Lantas saya lihat fungsi firewall, nah ini dia yang bisa saya otak-atik. Yang diinginkan pertama adalah mencegah icmp dan smtp keluar dari client karena virus brontok suka ping ke domain internet dan mencegah virus dari client kirim email. Selain itu juga saya batasi hanya beberapa ip client yang bisa konek internet. Setelah save dan reboot modem, ternyata hasilnya mengecewakan, beberapa client bisa konek dan ada yang tidak. Saya masih belum tahu salahnya dimana, lagian keisengan setup modem linksys tsb terbatas waktunya karena saya harus balik ke kantor dan lagipula saya tidak mau direpotkan apabila dapat keluhan dari pengguna. Jadi saya balikin deh seting modem tsb ke default.
Sejak saat itu saya terobsesi bagaimana membuat modem adsl bisa jalan sebagai bridge di mesin linux. Khusus modem linksys ADSL2MUE ini rupanya sudah ada driver bridge untuk mesin windows. Kesempatan itu akhirnya datang setelah kantor saya jadi berlangganan speedy, itu pun setelah saya provokasi agar pakai speedy daripada pakai telkomnet instan (tni) yang koneksinya tidak bisa dijamin, sudah konek tapi tidak bisa browsing internet, baru bisa browsing setelah beberapa kali konek -( . Yang datang ke kantor bawa modem speedy rupanya orang telkom yang dulu saya temui sewaktu di Kopegtel Kartini, karena sudah mengenal saya, dia memberikan saya modem adsl yang masih terbungkus agar disetup sendiri.
Sewaktu dibongkar, ternyata modemnya adalah DareGlobal model DB108-E. Padahal saya pingin dapat yang linksys , alasannya keren karena keluaran Cisco ) . 
Modem ADSL 
DareGlobal DB108-E
Saya baca sekilas di manualnya bahwa modem ini mempunyai ip default 192.168.1.1, akhirnya server linux yang biasa pakai modem eksternal untuk konek ke tni dikonfigurasikan untuk client modem tsb. Modem dikonekkan ke link adsl dan ke server linux pakai cross cable, terus dinyalakan. Waktu itu saya belum setup login speedy di modemnya, iseng-iseng nge-ping dns telkom, eh kok ternyata tembus, wah dapat koneksi speedy gratis nich :d .
Masa gratisnya cukup lama, dua minggu lebih. Selama itu saya belum sempat mencoba setup modemnya sebagai bridge, keasyikan download macam-macam, mumpung gratis. Akhirnya masa foya-foya lewat sudah sekarang waktunya bekerja. Berikut ini prosedur setup modem adsl DareGlobal untuk mode bridge:
  1. Login ke web configuration modem adsl.
  2. Tampilan pertama kali adalah Device Info seperti gambar di bawah (ini saat mode router dan status konek ke internet):
    device info mode router
  3. Tampilan DSL Status seperti pada gambar di bawah:DSL Status Modem ADSL
 Speedy
  4. Klik WAN akan menampilkan default WAN Setup (mode router), untuk mengubah ke mode bridge, baris yang mengandung Protocol PPPoEdicawang lantas klik tombol Remove:
    Wan Setup Modem ADSL DareGlobal
  5. Lalu klik Add akan muncul isian untuk ATM PVC Configuration, isikan seperti contoh di bawah, kemudian klik Next.
    • VPI:[0-255] 0
    • VCI:[0-65535] 35
  6. Untuk tipe network protocol pilih Bridging dan untuk encapsulation mode pilih LLC/SNAP-BRIDGING, klik Next.
  7. Beri cawang pada Enable Bridge Service dan kasih nama br_0_35untuk Service Name, klik Next.
  8. Berikut WAN Setup – Summary seperti pada gambar di bawah, klikSave apabila konfigurasinya sudah benar dan reboot modem adsl-nya:
    Wan Setup Summary Modem ADSL DareGlobal
  9. Tampilan WAN Setup (mode bridge) yang baru akan seperti gambar di bawah:
    Wan Setup Modem 
ADSL DareGlobal (mode bridge)
  10. Klik Save dan Reboot modem.
Modem adsl telah selesai disetup sebagai bridge, sekarang kita akan membuat koneksi pppoe di linux. Untuk linux redhat 9, nama paketnya rp-pppoe-3.5-2.rpm, untuk slackware 10.2 rp-pppoe-3.6-i486-1.tgz, jika ingin install dari source silahkan download di RP-PPPoE | Roaring Penguin.
Mungkin ada yang bertanya bagaimana mengakses web configurationmodem apabila telah diset mode bridge ? Caranya mudah, untuk ini kita perlu komputer dengan OS windows, install driver yang dibutuhkan untuk koneksi ke modem melalui port usb, kemudian konfigur ip address windows dengan ip addres selain 192.168.1.1. Jadi meski modem tersebut sedang konek ke speedy dan user-user sedang browsing internet kita bisa monitor dsl statusnya.

0 komentar: