Selasa, 03 Mei 2011

Bicara Tentang TCP/UDP ports

Dalam tutorial ini kita akan membahas konsep Pelabuhan dan bagaimana mereka bekerja dengan alamat IP. Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya ( Pengertian IP Address , The Difference Between IPv4 & IPv6 , TCP/IP Configuration ) tentang IP Address di sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Anda memahami konsep alamat IP, kemudian memungkinkan beralih ke TCP dan port UDP dan bagaimana mereka bekerja.

Perangkat dan komputer terhubung ke Internet menggunakan protokol yang disebut TCP / IP untuk berkomunikasi satu sama lain. Ketika komputer di New York ingin mengirim secarik data ke komputer di Inggris, ia harus tahu alamat tujuan IP yang itu dituju. Informasi tersebut dikirim melalui dua metode UDP dan TCP.

UDP dan TCP

UDP? TCP?. Bingungkah?

TCP singkatan dari Transmission Control Protocol. Dengan menggunakan metode ini, komputer terhubung mengirim data langsung ke komputer lain dan tetap terhubung selama transfer. Dengan metode ini, dua komputer dapat menjamin bahwa data telah tiba dengan aman dan benar, dan kemudian mereka memutuskan sambungan. Metode mentransfer data ini cenderung lebih cepat dan lebih dapat diandalkan, tetapi menempatkan beban yang lebih tinggi pada komputer seperti untuk memonitor koneksi dan ukuran data. Analoginya seseorang yang ingin menghubungi temannya dengan menggunakan telpon dan setelah selesai bicara mereka saling menutup telponnya.

UDP singkatan dari User Datagram Protocol. Dengan menggunakan metode ini, komputer mengirimkan data paket informasi ke dalam paket kecil yang nyaman dan melepaskan ke dalam jaringan dengan harapan bahwa paket kecil itu akan sampai ke tempat yang tepat. Apakah ini berarti bahwa UDP tidak terhubung langsung ke komputer penerima seperti TCP tidak, melainkan mengirimkan data keluar dan bergantung pada perangkat di antara komputer pengirim dan komputer yang menerima untuk mendapatkan data di mana ia harus pergi dengan benar. Metode transmisi ini tidak memberikan jaminan bahwa data yang Anda kirimkan akan pernah mencapai tujuannya. Di sisi lain, metode transmisi ini memiliki overhead yang sangat rendah dan karena itu sangat populer digunakan untuk layanan yang tidak begitu penting untuk bekerja pada percobaan pertama. Perbandingan dapat anda gunakan untuk metode ini adalah tua polos US Postal Service. Anda menempatkan mail Anda di kotak surat dan berharap Layanan Pos akan mendapatkannya untuk lokasi yang tepat. Sebagian besar waktu mereka lakukan, tapi kadang-kadang hilang sepanjang jalan.

Sekarang bahwa Anda memahami tentang TCP dan UDP, kita bisa mulai membahas port TCP dan UDP secara rinci. Mari melanjutkan ke bagian berikutnya di mana kita bisa menggambarkan konsep port yang lebih baik.

TCP dan Port UDP

Seperti yang Anda tahu setiap komputer atau perangkat di Internet harus memiliki nomor unik yang diberikan untuk itu disebut alamat IP. Alamat IP ini digunakan untuk mengenali komputer tertentu Anda keluar dari jutaan komputer lain yang terhubung ke Internet.Ketika informasi yang dikirim melalui Internet ke komputer anda bagaimana komputer Anda menerima informasi itu? Ia menerima informasi bahwa dengan menggunakan port TCP atau UDP.

Cara mudah untuk memahami port adalah membayangkan alamat IP Anda adalah kotak kabel dan port adalah saluran yang berbeda pada kotak kabel. Perusahaan TV kabel tahu cara mengirim kabel ke kotak kabel anda berdasarkan nomor seri yang unik yang terkait dengan kotak (IP Address), dan kemudian Anda menerima menunjukkan individu pada saluran yang berbeda (port).

Ports bekerja dengan cara yang sama. Anda memiliki alamat IP, kemudian banyak port pada alamat IP. Ketika saya mengatakan banyak, maksudku banyak. Anda dapat memiliki total 65.535 Port TCP dan UDP port lain 65.535. Ketika sebuah program di komputer anda mengirim atau menerima data melalui Internet itu mengirimkan data ke alamat ip dan port tertentu pada komputer remote, dan menerima data pada port biasanya acak pada komputer sendiri. Jika menggunakan protokol TCP untuk mengirim dan menerima data maka akan terhubung dan mengikatkan diri ke port TCP. Jika menggunakan protokol UDP untuk mengirim dan menerima data, ia akan menggunakan port UDP. Gambar 1, bawah, adalah represenation dari sebuah alamat IP dibagi menjadi TCP dan port UDP banyak. Perhatikan bahwa setelah aplikasi mengikatkan diri pada port tertentu, bahwa port tidak dapat digunakan oleh aplikasi lainnya. Ini adalah pertama datang, pertama dilayani.

——————– 192.168.1.10 ——————–>

0 1 2 3 4 5 .. .. .. .. .. .. .. .. 65531 65532 65533 65534 65535

Gambar 1. Alamat IP dengan Ports

Ini semua mungkin masih terasa membingungkan untuk Anda, dan tidak ada yang salah dengan itu, karena ini adalah konsep yang rumit untuk dipahami. Karena itu, saya akan memberikan contoh tentang bagaimana ini bekerja dalam kehidupan nyata sehingga Anda dapat memiliki pemahaman yang lebih baik. Kami akan menggunakan server web di contoh kita seperti yang Anda semua tahu bahwa web server adalah komputer yang menjalankan sebuah aplikasi yang memungkinkan komputer lain dapat terhubung ke itu dan mengambil halaman web yang disimpan di sana.

Dalam rangka untuk web server untuk menerima koneksi dari komputer remote, seperti Anda, ia harus mengikat web server aplikasi ke port lokal. Kemudian akan menggunakan port ini untuk mendengarkan dan menerima koneksi dari komputer remote.Web server biasanya mengikat ke port, TCP 80 yang adalah apa protokol http menggunakan secara default, dan kemudian akan menunggu dan mendengarkan koneksi dari perangkat remote.Setelah perangkat tersambung, maka akan mengirimkan halaman web yang diminta ke perangkat remote, dan jika dilakukan putuskan sambungan.

Di sisi lain, jika Anda adalah remote user menghubungkan ke server web itu akan bekerja secara terbalik. web browser Anda akan memilih port TCP secara acak dari berbagai nomor port tertentu, dan mencoba untuk terhubung ke port 80 pada alamat IP dari server web. Setelah sambungan terjalin, web browser akan mengirimkan permintaan halaman web tertentu dan menerimanya dari server web. Kemudian kedua komputer akan memutuskan sambungan.

Sekarang, bagaimana jika Anda ingin menjalankan server FTP, yang merupakan sebuah server yang memungkinkan Anda untuk mentransfer dan menerima file dari komputer remote, di server web yang sama. FTP server menggunakan port TCP 20 dan 21 untuk mengirim dan menerima informasi, sehingga Anda tidak akan memiliki konflik dengan web server berjalan pada port TCP 80. Oleh karena itu, aplikasi FTP server ketika mulai mengikat akan diri untuk port TCP 20 dan 21, dan menunggu koneksi untuk mengirim dan menerima data.

Sebagian besar aplikasi utama memiliki port tertentu yang mereka dengarkan dan mereka mendaftar informasi ini dengan sebuah organisasi bernama IANA. Anda dapat melihat daftar aplikasi dan port yang mereka gunakan di Registry IANA. Dengan pengembang mendaftarkan port aplikasi mereka digunakan dengan IANA, kemungkinan dua program mencoba untuk menggunakan port yang sama, dan karena itu menyebabkan konflik, akan berkurang.

Dilihat dari penomorannya, port UDP dan TCP dibagi menjadi tiga jenis, yakni sebagai berikut:

  • Well-known Port: yang pada awalnya berkisar antara 0 hingga 255 tapi kemudian diperlebar untuk mendukung antara 0 hingga 1023. Port number yang termasuk ke dalam well-known port, selalu merepresentasikan layanan jaringan yang sama, dan ditetapkan olehInternet Assigned Number Authority (IANA). Beberapa di antara port-port yang berada di dalam range Well-known port masih belum ditetapkan dan direservasikan untuk digunakan oleh layanan yang bakal ada di masa depan. Well-known port didefinisikan dalam RFC 1060.
  • Registered Port: Port-port yang digunakan oleh vendor-vendor komputer atau jaringan yang berbeda untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat. Registered port juga diketahui dan didaftarkan oleh IANA tapi tidak dialokasikan secara permanen, sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama. Range registered port berkisar dari 1024 hingga 49151 dan beberapa port di antaranya adalah Dynamically Assigned Port.
  • Dynamically Assigned Port: merupakan port-port yang ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani request dari pengguna sesuai dengan kebutuhan. Dynamically Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dilepaskan sesuai kebutuhan.

0 komentar: