Jumat, 29 April 2011

Sejarah Perkembangan freeBSD

Sejarah Perkembangan freeBSD

FreeBSD adalah salah satu system operasi yang bersifat open source. FreeBSD sebagai salah satu dari keluarga BSD, saat ini sangat banyak digunakan dan bahkan dikembangkan di berbagai kalangan individu, perusahaaan dan bahkan universitas. Bila dibandingkan dengan Windows, FreeBSD relatif lebih sulit dalam penggunaan, karena masih bersifat text base dalam memberikan command, sedangkan windows memiliki GUI yang jauh lebih dibandingkan dengan FreeBSD. Namun, terdapat juga varian BSD yang memiliki GUI, seperti PC-BSD. Keunggulan FreeBSD dibandingkan dengan Windows, adalah kebebasan dalam penggunaan, bahkan pengembangan dari system operasi tersebut, karena lisensi yang sudah dijamin untuk kebebasannya.

Perjalanan panjang varian UNIX BSD di mulai di Universitas California Barkeley pada tahun 1973. Berkeley Software Distribution (BSD) pertama kali dibangun dan dikembangkan oleh Computer System Research Group (CSRG) di University of California at Berkeley (UCB), BSD pertama kali keluar pada akhir 1977 sebagai paket tambahan dan patch dari AT&T UNIX varsi 6, yang mana waktu itu beroperasi pada mesin PDP-11 minicomputer.

BSD dibuat, dikembangkan, dan digunakan secara “Bebas” sebagai perlawanan terhadap lisensi UNIX yang dimiliki oleh AT&T dan oleh karena itu BSD mempunyai lisensi tersendiri yang memungkinkan setiap orang bebas melakukan pengembangan, dan menggunakan kode sumber BSD, bahkan setiap orang boleh untuk menyalin ulang kode sumber BSD, dan justru karena kelebihan “bebas” tersebut, BSD berkembang menjadi beberapa varian yang saat ini banyak digunakan berbagai kalangan. Sampai saat ini pun, banyak komunitas dan kalangan yang terus mengembangkan kode sumber dari BSD.

Asal muasal varian BSD berasal dari hasil kerja keras Bill Jolitz yang memporting 4.3BSD Net 2 ke dalam arsitektur 386, hasilnya disebut 386/BSD. Sebagian orang-orang yang menggunakan 386/BSD kemudian membentuk grup yang dikenal dengan nama NetBSD karena Bill Jolitz pada saat itu sudah sangat sibuk dengan pekerjaan utamanya, sehingga tidak sempat untuk melakukan perbaikan terhadap 386/BSD. Kelompok NetBSD ini memilih tujuan untuk mendukung sebanyak mungkin platform/arsitektur. Kelompok FreeBSD terbentuk beberapa bulan kemudian setelah NetBSD terbentuk dengan tujuan mendukung arsitektur PC i386 saja pada awalnya. Kelompok OpenBSD terbentuk belakangan ini berpisah dari kelompok NetBSD, dengan focus pada aspek keamanan.

Secara umum ada dua turunan dari 4.4BSD ini yaitu:

1. Komersial

2. Bebas (menggunakan lisensi BSD)

Yang termasuk kedalam varian BSD komersial adalah:

1.BSD/OS(http://www.bsdi.com)
BSD/OS dipasarkan oleh BSD, Inc.

2.DarwinOS(http://developer.apple.com/darwin/)
Darwin merupakan bagian penting dari sistem operasi MacOS X. Darwin menggabungkan beberapa teknologi dari Mach dengan sistem operasi 4.4BSD. Yang termasuk kedalam varian BSD bebas (menggunakan lisensi BSD)

1.NetBSD(http://www.netbsd.org)
NetBSD fokus pada penyediaan sistem operasi NetBSD pada berbagai macam arsitektur komputer, saat ini sudah mendukung lebih dari 40 arsitektur, mulai dari 64 bit Alpha Server dan desktop system hingga handheld dan embeded system.

2. FreeBSD(http://www.FreeBSD.org)
FreeBSD fokus pada optimalisasi PC i386 dan Alpha, sekarang ini juga sudah mendukung IA-64, PC-98, dan UltraSparc. FreeBSD dikenal dengan fitur networking yang cukup handal sehingga digunakan pada web server yahoo (http://www.yahoo.com) dan pada ftp server CDROM,Inc (ftp://ftp.cdrom.com)

3. OpenBSD(http://www.openbsd.org)
OpenBSD fokus pada aspek keamanan (security) dan kriptografi (cryptography).
OpenBSD merupakan proyek yang terpisah dari NetBSD pada tengah 1995.

Pada varian BSD (NetBSD, FreeBSD, dan OpenBSD) model pengembangan sistem operasi tersebut terbuka namun mempunyai hirarki tertentu yaitu:

1. Contributor, adalah developer yang menulis code, patch, atau dokumentasi namun tidak memiliki hak untuk menulis atau membuat sebuah file dalam source tree. Jika pekerjaan yang mereka lakukan ingin dimasukkan, maka harus diperiksa terlebih dahulu oleh seorang commiter atau dengan persetujuan beberapa orang commiter.

2. Commiter adalah developer yang memiliki hak menulis dan mengakses source tree, dalam lingkup CVS, memiliki hak commit. Secara tipikal, seorang commiter bekerja hanya pada bagian-bagian terpilih dari keseluruhan project.

3. Core Team, membimbing secara keseluruhan arah dan tujuan proyek, dan membuat keputusan akhir dalam kasus perselisihpahaman antar developer mengenai source code atau hal-hal lainnya. (OpenBSD tidak mempunyai core team secara formal, namun Theo de Raadt betugas sebagai pemimpin proyek.).

Setiap orang dapat menjadi contributor, dengan mengirimkan patch, atau membenarkan kesalahan-penulisan dalam sebuah halaman manual. Orang-orang yang mengkontribusikan banyak hal, atau berkompeten dalam sebuah area proyek akan dipromosikan menjadi commiter, hal ini ditujukan untuk menjaga commiter yang lain memeriksa terlalu banyak hal pada waktu yang sama.

Apa FreeBSD ? FreeBSD adalah operating system yang berdasar 4.4 BSD Lite untuk
personal komputer berbasis Intel, seperti AMD, Cyrix atau Netgen “x86
, pc98 dan alpha. Dan bekerja dengan baik pada bermacam macam peripherals dan konfigurasi dan dapat digunakan untuk semua dari software yang dikembangkan untuk perlengkapan layanan internet.

Mengapa FreeBSD ? Software FreeBSD dapat diperoleh gratis di ftp://ftp.FreeBSD.org/
dan untuk mengetahui informasi baru dan update langsung di internet http://www.FreeBSD.org. Setiap release FreeBSD berisi semua yang diperlukan pada sebuah sistem, terdapat pula didalamnya source code. Source code yang terdapat lengkap didalamnya anda dapat mengkompile ulang sesuai dengan kebutuhan. Dibuat untuk pelajar, peneliti atau siapa saja yang ingin menggunakan dan membantu perkerjaannya.

FreeBSD mengoptimalkan penggunaan platform PC. FreeBSD menyediakan kemudahan installasi dan dukungan yang luas terhadap perangkat keras PC. FreeBSD mendukung arsitektur i386 dan alpha, dan pengembangan FreeBSD pada beberapa platform juga telah dilakukan. FreeBSD juga digunakan pada server-server yang memiliki traffic dan kinerja yang cukup tinggi untuk service WWW dan FTP seperti www.yahoo.com dan ftp.cdrom.com. Freebsd pun bersifat multi user, berbeda dengan Windows. Penggunaannya, saat ini banyak dalam server internet, karena performanya yang bagus, dan kelebihannya dalam hal “multiuser”.

Berikut beberapa kelebihan dari system operasi FreeBSD :

1. Virus/Spyware yang menyerang sedikit

2. Banyak terserdia aplikasi dan program gratis

3. Relatif mudah dikustomisasi (diutak-atik) secara bebas

4. Multiuser

Sedangkan kekurangan FreeBSD :

1. Relatif sulit penggunaannya, karena masih text base dalam meng-command

2. Dibandingkan Windows, GUI pada FreeBSD masih kurang

3. Bagi para gamers, game system operasi ini sangat sedikit

Beberapa kelebihan Windows :

1. GUI yang bagus

2. Banyak tersedia aplikasi komersil

3. Bagi para gamers, banyak tersedia pilihan game

4. Relatif “user friendly” bila dibandingkan dengan FreeBSD

5. Banyak hardware yang mendukung system operasi Windows

Sedangkan kekurangan Windows :

1. Rentan terhadap virus/spyware

2. Masih banyak terdapat bug

3. Biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan Windows dan aplikasinya masih relatif mahal bila dibandingkan dengan FreeBSD yang bahkan gratis

grafik pengguna sistem operasi

Gambar di atas menunjukkan pengguna berbagai system operasi pada Komputer. Terlihat pengguna Windows masih mendominasi dibandingkan pengguna system operasi lainnya, bahkan pengguna system operasi BSD masih sangat sedikit.

Berikut beberapa perbedaan antara FreeBSD dengan Linux lebih kepada aspek filosofi daripada konsep.

FreeBSD turunan langsung dari UNIX, meskipun sekarang sudah tidak mengandung source code AT&T

Linux adalah clone dan tidak pernah mengandung source code AT&T

FreeBSD adalah sistem operasi yang komplit/lengkap, dipelihara oleh sebuah kelompok developers yang tersentralisasi dibawah Concurent Versions System (CVS) yang memelihara secara lengkap sejarah pengembangan. Hanya ada satu distribusi FreeBSD

Linux adalah kernel yang secara personal dipelihara oleh Linus Torvalds dan beberapa kawan dekat Linus. Program yang non-kernel disupply bersama Linux adalah bagian dari distribusi, dimana distribusi itu sendiri ada beberapa macam. Tiap distribusi sering kali tidak kompatibel.

Gaya pengembangan FreeBSD menekankan pada akuntanbilitas dan dokumentasi pada perubahan

Kernel Linux dipelihara oleh beberapa orang yang tetap mengikuti tiap perubahan. Patches yang ada adalah bersifat unofficial dan banyak tersebar di internet oleh komunitas.

Kernel yang disediakan oleh FreeBSD pada tiap release dideskripsikan dengan jelas.

Distribusi linux kadang menyediakan kernel yang berbeda. Dan perbedaan tersebut sering tidak terdokumentasi dengan baik.

Sebagai hasil pengembangan yang tersentralisasi, FreeBSD bersifat Straightforward dan mudah di install

Installasi Linux bergantung pada distribusi yang digunakan.

FreeBSD relatif tidak dikenal karena sebelumnya memang sempat terrestriksi oleh kasus hukum dengan source code UNIX AT&T

Linux tidak mempunyai kasus hukum sehingga mejadi satu-satunya clone UNIX yang bebas/free

Sebagai hasil kurang dikenalnya FreeBSD, maka relatif sedikit dukungan software komersial yang dapat berjalan diatas FreeBSD

Semakin banyak dukungan software komersial untuk Linux

Sebagai hasil sedikitnya pengguna, FreeBSD mempunyai dukungan yang sedikit terhadap driver hardware daripada Linux

Besarnya komunitas Linux, membuat dukungan hardware dari vendor juga semakin banyak

Sebagai hasil sedikitnya aplikasi komersial dan driver untuk FreeBSD, maka FreeBSD dapat menjalankan program yang ada pada Linux baik komersial maupun non komersial

Linux tidak perlu menjalankan program yang ada pada FreeBSD

Lisensi FreeBSD adalah lisensi BSD

Lisensi Linux adalah GNU GPL. Bila dibandingan dengan lisensi BSD lisensi GNU GPL mempunyai beberapa restriksi terhadap source code dengan kata lain lisensi BSD lebih bebas daripada lisensi GNU GPL.

Instalasi FreeBSD dapat dilakukan melalui berbagai cara, instalasi dari CDROM, Instalasi dari Floppy Disk, instalasi dari partisi DOS, instalasi dari QIC/SCSI tape, dan instalasi melalui network. Untuk lengkapnya dapat dilihat file INSTALL.TXT pada CDROM FreeBSD atau ftp://ftp.FreeBSD.org/pub/FreeBSD/{Version}-RELEASE/INSTALL.TXT

Installasi paling mudah adalah dengan CDROM dimana pada versi CDROM ini boot image terdapat dalam CDROM. Asalkan BIOS PC yang dipakai mendukung untuk boot melalui CDROM anda dapat melewati bagian membuat disk boot dan langsung bagian Installasi.

elihat trafik pengguna untuk FreeBSD sangat besar pengguna untuk FreeBSD seperti yang kita lihat pada grapic di bawah ini :

0 komentar: