Jumat, 06 Mei 2011

Menjaga Kesehatan Mata bagi Pengguna Komputer

Kesehatan-Mata-Pengguna KomputerBekerja atau berselancar ria di depan computer seringkali membuat kita tak mengenal waktu. Kegiatan itu bisa berlangsung berjam-jam sampai membuat kita lupa makan, minum atau bahkan tidur. Kalau sudah begitu jangan heran kalau akan datang banyak keluhan dari tubuh kamu, terutama dari mata kamu. Bagaimana tidak? Saraf-saraf di mata dipaksa untuk bekerja tanpa istirahat memandangi apa yang ada di monitor terus-menerus tanpa henti. Tentu saja hal itu tidak boleh terjadi, tetapi jika pekerjaan atau kegiatan kamu mengharuskan kamu untuk berlama-lama di depan computer, maka ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu lakukan sehingga mata kamu tetap sehat dan pekerjaan kamu pun selesai.

Berikut tips yang bisa dilakukan oleh para pengguna computer dalam menjaga kesehatan mata mereka:

  • Istirahatlah secara teratur agar mata kamu juga bisa beristirahat. Caranya kamu bisa mengalihkan pandangan kamu dari monitor computer atau kamu juga bisa beranjak dari depan computer untuk berjalan-jalan sebentar atau sekedar mengamil camilan.
  • Idealnya, posisikan monitor sedemikian rupa sehingga jendela dan atau smer cahaya berada disamping monitornya.
  • Pastikan bahwa jarak mata kamu ke monitor adalah antara 33 cm sampai dengan 59 cm, dan pastikan juga bahwa posisi pusat (titik bagian tengah) monitor adalah berada 10 cm – 15 cm di bawah pandangan horizontal mata kamu.
  • Selalu jaga kebersihan monitor kamu, baik itu dari debu ataupu dari sidik jari yang iasanya menempel di sana.
  • Jika monitor kamu merupakan model lama, maka sebaiknya ganti dengan model yang baru guna meminimalisasi pengaruh negative dari monitor terhadap mata kamu, seperti tingkat kesilauan yang tinggi ataupun besarnya radiasi yang dipancarkan. Atau kamu juga bisa menggunakan filter untuk mengurangi kesilauan monitor.
  • Jika memungkinkan, sebaiknya gunakan kaca mata diandingkan dengan menggunakan contact lens selama kamu berada di depan PC.
  • Pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C dan E yang membuat mata kamu selalu sehat, termasuk makanan seperti wortel, bayam, kacang almond, ikan salmon, dan sebagainya.
  • Monitor jenis LCD leih ramah terhadap kesehatan mata kamu dibandingkan dengan monitor jenis CRT.
  • Jika kamu menghabiskan waktu di depan computer untuk memasukkan banyak data ataupun membaca dokumen yang panjang, maka sebaiknya gunakanlah monitor yang besar karena objek yang kamu lihat juga akan lebih besar bukan? Dengan begitu ketegangan mata kamu akan semakin berkurang.
  • Gunakanlah kursi yang tepat agar posisi mata kamu terhadap monitor computer juga tepat (yaitu 10cm-15cm di bawah pandangan horizontal mata kamu).

Untuk membuat mata kamu tetap sehat selama berada di depan monitor computer ternyata dibutuhkan latihan-latihan khusus untuk mata yang berguna untuk mengurangi ketegangan pada saraf-saraf mata. Hal itu bisa disebut olahraga untuk mata, suatu kegiatan yang ringan tetapi berdampak besar bagi kesehatan mata kamu.

0 komentar: